eBay_Christmas
Artikel ini sebetulnya adalah penyempurnaan artikel saya sebelumnya yang berjudul sama, “Tips Memenangkan Lelang di eBay”. Tapi karena ada yang perlu saya tambahkan maka untuk kali ini saya coba daur ulang dan sempurnakan lagi, siapa tahu ini berguna buat Anda yang ingin mencoba keberuntungannya agar bisa memenangkan lelang di eBay.

Sebelum saya sharing tips saya, saya akan tunjukkan dulu kepada Anda bukti kalau saya sudah pernah memenangkan lelang di eBay. Tidak lucu, kan kalau saya beri tips kepada Anda tapi saya tidak bisa menunjukan buktinya? :D Bukti yang pertama, saya pernah memenangkan lelang BlackBerry PlayBook 16 GB dengan harga cukup murah $232.50 USD di eBay. Dan bukti yang kedua, beberapa kali saya juga pernah memenangkan lelang pembelian sepatu milik klien Jasa Pembelian Online saya.



Menang Lelang Playbook


Menang Lelang Playbook di eBay

Hem, sebetulnya apa, sih rahasianya untuk bisa memenangkan lelang barang di eBay? Sulit kah untuk bisa memenangkan lelang di eBay? Tidak sulit, kok. Setidaknya, ini berdasarkan pengalaman saya yang sudah pernah berkali-kali ikut lelang dan menang di eBay. Ada 6 tips yang bisa Anda praktekkan agar bisa memenangkan lelang di eBay. Apa saja tipsnya? Berikut ini tips-tipsnya:





1. Koneksi internet harus cepat dan stabil

Syarat wajib yang pertama, koneksi internet Anda harus cepat dan stabil. Seberapa cepat? Tidak harus cepat sekali, sekitar 500 kbps saja sudah cukup. Yang terpenting stabil tidak naik turun, dan tidak mudah putus koneksinya. Ini penting, karena saat bidding jangan sampai ganguan internet, semisal tiba-tiba disconnect menghalangi proses lelangnya, terlebih di detik-detik terakhir yang sangat menentukan.

2. Perhatikan waktu berakhir lelang

Jika Anda berada di Indonesia dan lawan bidder Anda misalnya orang USA maka waktu lelang yang peluang menangnya tinggi adalah lelang yang berakhir sekitar pukul 11.00 s/d 17.00 Wib siang hari di Indonesia. Karena jam segini di USA sana lagi enak-enaknya tidur. He2… Seperti kita tahu selisih perbedaan waktu antara Indonesia dengan benua Amerika sekitar 12 jam. Kita di belahan timur lebih dulu melihat Matahari atau +7 jam dari GMT dibanding negara Amerika yang waktunya -5 s/d -8 jam dari GMT karena berada di belahan bumi bagian barat.

3. Pilih lelang dengan peserta terbatas

Jika Anda ingin peluang menangnya semakin tinggi, ini masih nyambung dengan tips nomor 2. Pilihlah penawaran lelang yang dibatasi untuk peserta atau bidder dari negara USA saja. Jangan pilih yang worldwide yang sangat ketat persaingannya karena bisa diikuti peserta dari semua negara. Mengapa? Tentu saja ini untuk memperbesar peluang Anda menang karena otomatis para peserta lelang akan sedikit sebab tersortir hanya dibatasi orang USA saja yang bisa ikut. Jika Anda orang Indonesia, bagaimana caranya untuk mendapatkan alamat Amerika supaya bisa ikut lelang? Baca artikel saya yang ini “Tips Cara Mudah Belanja Barang di Amazon dan eBay” jika ingin punya alamat di USA secara gratis.

4. Bidding di detik-detik terakhir

Biddinglah dengan harga minimal saat Anda ingin mengunci lelangnya untuk pertama kali. Tapi berikan bidding terbaik Anda saat 6 detik terakhir sebelum masa lelangnya habis. Mengapa harus di 6 detik terakhir? Angka ini berdasarkan pengalaman pengukuran saya mengikuti lelang di eBay. Karena waktu 6 -10 detik terakhir sebelum masa lelang berakhir adalah waktu seru-serunya perang bidding. Jadi berikan bidding Anda sekitar 6 detik sebelum lelang ditutup. Jika harga bidding Anda tertinggi maka lawan lelang Anda sudah tidak punya kesempatan lagi untuk melakukan bid ulang menyusul bidding Anda.

5. Buka eBay multitab di browser

Bukalah halaman penawaran barang yang Anda ikuti di eBay secara multitab, menjadi banyak jendela sekaligus. Satu tab untuk memantau history atau posisi bidding tertingginya berapa. Tab satunya lagi untuk menembak bidnya di detik-detik terakhir. Siapkan angka bidding di kolom isian bidding agar Anda hanya sekali klik waktu akan nembak di detik-detik terakhir.

6. Bidding lebih dari satu bid

Jika persaingan bidding sangat ramai dan ketat, Anda bisa terapkan strategi dengan membidding lebih dari satu bid langsung ke beberapa jendela (tab) sekaligus di browser Anda. Dan berikan harga bidding secara bertingkat. Contoh misalnya nilai bidding tertinggi saat lelang di angka $210. Maka buka beberapa tab sekaligus, misalnya dua tab. Tab pertama bidding di $218 dan bid kedua $220.05. Bidding secara berturut-turut yang rendah pada detik ke-10 sebelum berakhir dan bidding yang kedua sekitar 6 detik sebelum berakhir.

Anda tidak usah kuatir kemahalan jika bidding kedua Anda tadi masuk dan keluar sebagai pemenang. Bila bidding Anda secara berturut-turut menang dan berada di urutan nomor 1 dan 2 sebagai penawar tertinggi maka eBay akan memilih harga yang terendah ($218), bukan yang tertinggi.

Demikian tips dari saya. Selamat mengikuti lelang di eBay. Semoga Anda beruntung. Jika Anda ada tambahan dan pertanyaan, silahkan Anda tambahkan di kolom komentar. Terima kasih.

Read more: http://www.diptara.com/2011/12/6-tips-memenangkan-lelang-di-ebay.html#ixzz1i2aKHEnb

Post a Comment

Copyright © 6punch.blogspot.com / Template by : Urangkurai